Selasa, 25 Desember 2012

Contoh RPP Paikem SD IPA kelas 5


Septiana Rahmawati (11120470) :)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM

SATUAN PENDIDIKAN                     : SD/ MI
MATA PELAJARAN                           : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/ SEMESTER                           : V/ II
ALOKASI WAKTU                             : 2 x 35 menit ( 1x pertemuan)
TAHUN PELAJARAN                         : 2012/ 2013
 

Standar Kompetensi :
       7.  Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi Dasar :
7.5  Mendeskripsikan perlunya penghematan air
Indikator :
·     Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat tinggal siswa
·     Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
·     Menjelaskan cara menghemat air
I. Tujuan Pembelajaran :
·     Melalui metode pengamatan, siswa dapat menyebutkan keberadaan air di sekitar tempat tinggalnya dengan jelas
·     Melalui metode tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup dengan baik dan benar
·     Melalui metode diskusi, siswa dapat menjelaskan cara menghemat air dengan benar



II. Materi ajar :
Penghematan Air
Di sekitar kita terdapat berbagai macam air. Air diperlukan oleh berbagai makhluk hidup untuk keperluan hidupnya. Dalam penggunaan air, khususnya untuk keperluan manusia hendaknya menggunakan seperlunya, tidak boros, bahkan dalam keadaan tertentu kita perlu menghemat air.
III. Metode pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Pendahuluan
Appresepsi
1.      Guru menyampaikan salam Siswa menjawab salam
2.      Guru Mengecek kehadiran siswa Siswa aktif mengikuti pengecekan kehadiran
3.      Guu menyampaikan tujuan pembelajaran Siswa memperhatikan
4.      Guru memusatkan perhatian siswa dengan teka teki ´Siapakah Aku?´
Bentukku berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Permukaanku datar. Aku akan berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.Siapakah aku?
  1. Siswa menjawab teka-tekiSiapakah Aku?
6.      Guru memimpin menyanyikan lagu Tik-tik bunyi hujan.
7.      Siswa menyanyikan lagu tik-tik bunyi hujan
8.      Guru menggali pengetahuan awal siswa dengan mengaitkan pelajaran sebelumnya tentang daur air Dari mana asal air hujan?
9.      Siswa menjawab pertanyaan
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Guru menanyakan keberadaan air di sekitar tempat tinggal siswa.
2.      Siswa mengidentifikasi keberadaan air di sekitar tempat tinggalnya, menuliskan hasil identifikasi di papan tulis.
3.      Guru menanyakan kegunaan air bagi makhluk hidup dan meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku. Selain manusia, adakah makhluk hidup lain yang memerlukan air? Untuk apa?
4.      Siswa berpikir berpasangan, menjawab pertanyaan secara lisan. Menuliskan hasil diskusi ke dalam tabel.
Elaborasi
1.      Guru mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok.
2.      Guru menyajikan gambar tentang pemborosan air dan meminta siswa mendiskuskan gambar tersebut bersama teman kelompoknya. Ceritakan dengan kalimatmu sendiri mengenai gambar yang kamu terima! Apa yang kamu lakukan apabila ada kejadian seperti pada gambar yang di bagikan?
3.      Siswa berkelompok dan mendiskusikan gambar yang dibagikan.
4.      Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi pada kertas yang dibagikan.
5.      Mempresentasikan hasil diskusi.
6.      Guru memberikan bimbingan apabila ada siswa yang maju mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
Konfirmasi
1.      Guru memberi umpan balik dengan memberi penguatan dengan memberi tepuk tangan kepada siswanya karena sudah maju ke depan.
2.      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok berprestasi dan memotivasi kepada kelompok yang belum baik agar lebih baik lagi.
C. Kegiatan penutup
1. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
·         Air dapat kita temukan di sumur tradisional, sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Dan untuk sumber alami seperti danau, sungai, laut, dan mata air.
·         Manfaat air bagi manusia adalah untuk minum, mencuci, mandi, masak, irigasi untuk petani, air bendungan dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air tersebut bisa digunakan untuk memutar turbin. Turbin berfungsi untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
·         Cara menghemat air:
a.  Gunakan air secukupnya ketika mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian.
b. Ketika menyiram tanaman, air jangan sampai menggenangi tanah.
c.  Menutup keran setelah menggunakannya.
d.  Memanfaatkan air bekas cucian beras atau sayuran untuk menyiram tanaman.
e.  Tidak mencuci kendaraan setiap hari.
2. Guru menutup pembelajaran hari ini.
3.  Menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang. Memperhatikan informasi guru.
4.  Siswa memperhatikan informasi guru
V. Sumber, Alat, Bahan
1.  Sumber : Panut, Dunia Sains Untuk kelas V SD, Jakara: Yudhistira, 2005. Saran, Purwo, S., Handayani, Sains 5 unuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah, Klaten: Sahabat, 2004
2.    Alat dan bahan : papan tulis, kertas, foto air yang terbuang.
VI. Penilaian :
Prosedur               : Post tes
Jenis tes                : Tertulis
Bentuk tes            : Esay


a.                  Aspek Kognitif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Instrumen
·         Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat tinggal siswa
·         Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
·         Menjelaskan cara menghemat air

Tes tertulis


Essay
1.      Tuliskan jenis sumber air disertai 3 contohnya ! (skor 3)
2.      Tuliskan 4 manfaat air bagi kehidupan manusia.! (skor 4)
3.      Tuliskan 2 manfaat air bagi tumbuhan! (skor 2)
4.      Tuliskan 3 manfaat air bagi hewan! (skor 3)
5.      Tuliskan 3 cara menghemat air (skor 3)

Jumlah skor = 15
 Nilai = (skor yang diperoleh : Skor total) x 100

b.      Aspek Afektif
No
Nama Siswa
Perhatian pada saat KBM
Kerjasama dengan teman
Keaktifan
Nilai
1.
2.
3.
Dst.












Setiap butir aspek mendapatkan skor 1-4, dengan kriteria :                
*Perhatian pada saat KBM
1     : apabila peserta didik tidak pernah memperhatikan dan tidak pernah bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan benar.
2     : apabila peserta didik tidak memperhatikan akan tetapi bisa menjawab pertanyaan dari guru.
3     : apabila peserta didik memperhatikan tetapi hanya bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan kurang tepat.
4     : apabila peserta didik memperhatikan, menjawab pertanyaan dengan benar
*kerjasama dengan teman
1     : apabila peserta didik tidak melakukan apapun pada waktu kerja kelompok.
2     : apabila peserta didik ikut berpartisipasi akan tetapi tidak mau bekerja(hanya menyuruh teman sekelompoknya).
3     : apabila peserta didik ikut berpartisipasi akan tetapi masih menunggu perintah dari guru.
4     : apabila peserta didik bekerja kelompok dengan kompak tanpa diperintah dari guru.

*keaktifan
1     : apabila peserta didik tidak berpartisipasi sama sekali dalam KBM.
2     : apabila peserta didik terkadang aktif tapi lebih banyak pasifnya.
3     : apabila peserta didik aktif dalam KBM tetapi masih menunggu perintah dari guru.
4     : apabila peserta didik selalu aktif dalam KBM tanpa menunggu perintah dari guru.




Keterangan:
Nilai Akhir = (Jumlah Nilai : Jumlah Nilai Maksimal) x 100
*Jumlah Nilai Maksimal : 12
*Nilai Akhir Maksimal    : 100


                                                                                    Semarang,              2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI                                                                Guru Kelas


( ………………..……… )                                                      (……………..……......)
NIP.                                                                                       NIP















BAHAN AJAR
Kegunaan Air Bagi Manusia
Air yang kita gunakan sehari-hari berasal dari sumber air di antaranya adalah sumur tradisional, sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Danau, sungai, laut, dan mata air merupakan sumber air alami. Selain untuk minum air juga digunakan untuk mencuci, mandi, masak, dan menyiram tanaman. Apa yang kalian rasakan apabila tidak mandi dalam sehari? Kalian tentu akan merasa gerah, badan lengket, dan tubuh menjadi tidak segar. Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa kita lakukan. Pakaian dan alat rumah tangga yang kotor tentunya harus di cuci agar bersih. Untuk mencuci juga diperlukan air. Air juga digunakan oleh ibu untuk memasak dan membersihkan sayuran sebelum dimasak. Sebagian tubuh kita terdiri dari air. Apabila tidak minum air selain kehausan, tubuh kitapun menjadi lemas.
Banyak sekali kegunaan air dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan air dengan sebaik-baiknya. Air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari suatu proses yang cukup panjang yang disebut daur air.
http://ceritabudi.files.wordpress.com/2011/03/teratai.jpg?w=300&h=225Air yang ditampung oleh bendungan dapat dimanfaatkan untuk irigasi. Irigasi sangat penting bagi petani. Petani akan lebih mudah mengairi lahan pertaniannya. Selain itu, air bendungan dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air tersebut bisa digunakan untuk memutar turbin. Turbin berfungsi untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Meskipun air tidak akan habis, kita harus senantiasa menghematnya. Usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menghemat air adalah sebagai berikut.
a. Gunakan air secukupnya ketika mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian.
b. Ketika menyiram tanaman, air jangan sampai menggenangi tanah.
c. Sebaiknya mandi menggunakan pancuran.

6 komentar: