Septiana Rahmawati (11120470) :)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM
SATUAN PENDIDIKAN : SD/ MI
MATA
PELAJARAN :
Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/
SEMESTER :
V/ II
ALOKASI
WAKTU :
2 x 35 menit ( 1x
pertemuan)
TAHUN
PELAJARAN :
2012/ 2013
Standar Kompetensi :
7. Memahami perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi Dasar :
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
Indikator :
·
Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat tinggal
siswa
·
Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
·
Menjelaskan cara menghemat air
I. Tujuan Pembelajaran :
·
Melalui metode pengamatan, siswa dapat menyebutkan keberadaan
air di sekitar tempat tinggalnya dengan jelas
·
Melalui metode tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat air
bagi makhluk hidup
dengan baik dan benar
·
Melalui metode diskusi, siswa dapat menjelaskan cara
menghemat air dengan benar
II. Materi ajar :
Penghematan Air
Di
sekitar kita terdapat berbagai macam air. Air diperlukan oleh berbagai makhluk
hidup untuk keperluan hidupnya. Dalam penggunaan air, khususnya untuk keperluan
manusia hendaknya menggunakan seperlunya, tidak boros, bahkan dalam keadaan
tertentu kita perlu menghemat air.
III. Metode pembelajaran :
Ceramah, tanya jawab, pengamatan,
diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Pendahuluan
Appresepsi
1. Guru menyampaikan salam Siswa
menjawab salam
2. Guru Mengecek kehadiran siswa Siswa
aktif mengikuti pengecekan kehadiran
3. Guu menyampaikan tujuan pembelajaran
Siswa memperhatikan
4. Guru memusatkan perhatian siswa
dengan teka teki ´Siapakah Aku?´
“Bentukku
berubah-ubah sesuai dengan tempatnya. Permukaanku datar. Aku akan berpindah
dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.” Siapakah aku?
- Siswa
menjawab teka-teki “Siapakah Aku?”
6. Guru memimpin menyanyikan lagu
Tik-tik bunyi hujan.
7. Siswa menyanyikan lagu tik-tik bunyi
hujan
8. Guru menggali pengetahuan awal siswa
dengan mengaitkan pelajaran sebelumnya tentang daur air Dari mana asal air
hujan?
9. Siswa menjawab pertanyaan
B.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1. Guru menanyakan keberadaan air di sekitar
tempat tinggal siswa.
2. Siswa mengidentifikasi keberadaan
air di sekitar tempat tinggalnya, menuliskan hasil identifikasi di papan tulis.
3. Guru menanyakan kegunaan air bagi
makhluk hidup dan meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangku. Selain manusia, adakah makhluk hidup
lain yang memerlukan air? Untuk apa?
4. Siswa berpikir berpasangan, menjawab
pertanyaan secara lisan. Menuliskan hasil diskusi ke dalam tabel.
Elaborasi
1. Guru mengelompokkan siswa menjadi
beberapa kelompok.
2. Guru menyajikan gambar tentang pemborosan air dan meminta siswa mendiskuskan gambar
tersebut bersama teman kelompoknya. Ceritakan dengan kalimatmu sendiri mengenai gambar yang kamu
terima! Apa yang kamu lakukan apabila ada kejadian seperti pada gambar yang di
bagikan?
3. Siswa berkelompok dan mendiskusikan gambar yang dibagikan.
4. Setiap kelompok
menuliskan
hasil diskusi pada kertas yang dibagikan.
5. Mempresentasikan hasil diskusi.
6. Guru
memberikan bimbingan apabila ada siswa yang maju mengalami kesulitan dan
memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
Konfirmasi
1.
Guru memberi umpan balik dengan
memberi penguatan dengan memberi tepuk tangan kepada siswanya karena sudah maju
ke depan.
2.
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok berprestasi dan memotivasi kepada kelompok yang belum baik agar lebih
baik lagi.
C. Kegiatan penutup
1.
Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
·
Air dapat kita temukan di sumur tradisional,
sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Dan untuk sumber
alami seperti danau, sungai, laut, dan mata air.
·
Manfaat air bagi manusia adalah untuk minum,
mencuci, mandi, masak, irigasi untuk petani, air bendungan dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air tersebut bisa
digunakan untuk memutar turbin. Turbin
berfungsi untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
·
Cara menghemat air:
a. Gunakan air secukupnya ketika
mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian.
b. Ketika
menyiram tanaman, air jangan sampai menggenangi tanah.
c. Menutup keran
setelah menggunakannya.
d. Memanfaatkan
air bekas cucian beras atau sayuran untuk menyiram tanaman.
e. Tidak mencuci
kendaraan setiap hari.
2.
Guru menutup pembelajaran hari ini.
3. Menginformasikan materi pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang. Memperhatikan informasi guru.
4. Siswa memperhatikan informasi guru
V. Sumber, Alat, Bahan
1. Sumber : Panut, Dunia Sains Untuk
kelas V SD, Jakara: Yudhistira, 2005. Saran, Purwo, S., Handayani, Sains 5
unuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah, Klaten: Sahabat, 2004
2.
Alat dan bahan : papan tulis, kertas, foto air yang terbuang.
VI. Penilaian :
Prosedur :
Post tes
Jenis tes :
Tertulis
Bentuk tes : Esay
a. Aspek Kognitif
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mengidentifikasi keberadaan air di sekiar tempat tinggal
siswa
·
Menjelaskan manfaat air bagi makhluk hidup
·
Menjelaskan cara menghemat air
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
1.
Tuliskan jenis
sumber air
disertai 3 contohnya ! (skor 3)
2.
Tuliskan 4 manfaat air bagi kehidupan manusia.! (skor 4)
3.
Tuliskan 2 manfaat air bagi tumbuhan! (skor 2)
4.
Tuliskan 3 manfaat air bagi hewan! (skor 3)
5.
Tuliskan 3 cara menghemat air (skor 3)
|
Jumlah skor =
15
Nilai = (skor yang diperoleh : Skor total) x 100
b. Aspek
Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Perhatian pada saat
KBM
|
Kerjasama dengan
teman
|
Keaktifan
|
Nilai
|
1.
2.
3.
Dst.
|
Setiap butir aspek mendapatkan skor 1-4, dengan kriteria :
*Perhatian pada saat KBM
1 : apabila
peserta didik tidak pernah memperhatikan dan tidak pernah bisa menjawab
pertanyaan dari guru dengan benar.
2 : apabila
peserta didik tidak memperhatikan akan tetapi bisa menjawab pertanyaan dari
guru.
3 : apabila
peserta didik memperhatikan tetapi hanya bisa menjawab pertanyaan dari guru
dengan kurang tepat.
4 : apabila
peserta didik memperhatikan, menjawab pertanyaan dengan benar
*kerjasama dengan teman
1 : apabila peserta didik tidak melakukan
apapun pada waktu kerja kelompok.
2 : apabila peserta didik ikut berpartisipasi
akan tetapi tidak mau bekerja(hanya menyuruh teman sekelompoknya).
3 : apabila peserta didik ikut berpartisipasi
akan tetapi masih menunggu perintah dari guru.
4 : apabila peserta didik bekerja kelompok
dengan kompak tanpa diperintah dari guru.
*keaktifan
1 : apabila peserta didik tidak
berpartisipasi sama sekali dalam KBM.
2 : apabila peserta didik terkadang aktif
tapi lebih banyak pasifnya.
3 : apabila peserta didik aktif dalam KBM
tetapi masih menunggu perintah dari guru.
4 : apabila peserta didik selalu aktif dalam KBM tanpa
menunggu perintah dari guru.
Keterangan:
Nilai Akhir = (Jumlah
Nilai : Jumlah Nilai Maksimal) x 100
*Jumlah Nilai Maksimal
: 12
*Nilai Akhir
Maksimal : 100
Semarang, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI Guru
Kelas
( ………………..……… ) (……………..……......)
NIP. NIP
BAHAN AJAR
Kegunaan Air Bagi Manusia
Air
yang kita gunakan sehari-hari berasal dari sumber air di antaranya adalah sumur
tradisional, sumur pompa, dan air PAM yang merupakan sumber air buatan. Danau,
sungai, laut, dan mata air merupakan sumber air alami. Selain untuk minum air
juga digunakan untuk mencuci, mandi, masak, dan menyiram tanaman. Apa yang
kalian rasakan apabila tidak mandi dalam sehari? Kalian tentu akan merasa
gerah, badan lengket, dan tubuh menjadi tidak segar. Mandi merupakan aktivitas
sehari-hari yang biasa kita lakukan. Pakaian dan alat rumah tangga yang kotor
tentunya harus di cuci agar bersih. Untuk mencuci juga diperlukan air. Air juga
digunakan oleh ibu untuk memasak dan membersihkan sayuran sebelum dimasak.
Sebagian tubuh kita terdiri dari air. Apabila tidak minum air selain kehausan,
tubuh kitapun menjadi lemas.
Banyak
sekali kegunaan air dalam kehidupan. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan
air dengan sebaik-baiknya. Air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari
berasal dari suatu proses yang cukup panjang yang disebut daur air.
Air yang ditampung oleh bendungan
dapat dimanfaatkan untuk irigasi. Irigasi sangat penting bagi petani. Petani
akan lebih mudah mengairi lahan pertaniannya. Selain itu, air bendungan dapat
dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air tersebut bisa digunakan
untuk memutar turbin. Turbin berfungsi untuk mengubah energi air menjadi energi
listrik. Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan
sehari-hari. Meskipun air tidak akan habis, kita harus senantiasa menghematnya.
Usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menghemat air adalah sebagai berikut.
a. Gunakan air secukupnya ketika
mandi, mencuci piring, dan mencuci pakaian.
b. Ketika menyiram tanaman, air
jangan sampai menggenangi tanah.
c. Sebaiknya mandi menggunakan
pancuran.
teny ikut liat iaa thank u
BalasHapusiya silakan :)
BalasHapusaku juga liat ya mb,
BalasHapusTth ok mau yah liat baca
BalasHapusterimakasih saya jadi tau, mau, dan insya Alloh mampu ajarkan
BalasHapusTrima kasi sangat membantu. Saya bisa pesan klas 5 d 6. Mkasi
BalasHapus